jestv.id
Daerah

Pasien Keluhkan Fasilitas Toilet di Puskesmas Leuwidamar Lebak- Banten

JESTV.ID, LEBAK – Seorang pasien keluhkan fasilitas umum toilet di Puskesmas Leuwidamar, Kecamatan Lewidamar, Kabupaten Lebak- Banten.

Fasilitas umum puskesmas menjadi kebutuhan dan keutamaan pasien, sebagai bagian dari pelayanan kesehatan, tentunya harus di kedepankan dalam hal fisik maupun yang lainnya, sehingga masyarakat yang berobat merasa nyaman.

Namun berbeda dengan kondisi fisik toilet yang ada di Puskesmas Leuwidamar ini, kondisi fisik bangunannya sudah tidak layak, sehingga diduga luput dari perawatan, dengan kondisi keramik lantai yang pecah-pecah, tidak menutup kemungkinan dapat membahayakan pasien yang menggunakan fasilitas tersebut.

Seorang pasien yang meminta identitasnya di rahasiakan, Inisial (SW) kepada awak media sampaikan keluhan yang ia alami belum lama ini.

“Coba pak kalau bisa itu puskesmas Leuwidamar, kondisi toiletnya rusak parah,” ujarnya.

Lanjut ia “Saya tau hal itu karena anak saya sakit pak, sudah dua hari di rawat di Puskesmas Leuwidamar, Kecamatan Leuwidamar, karena menderita demam panas tinggi hingga muntah-muntah,” jelasnya.

“Kalau perawatan terhadap pasien, dari pihak Puskesmas Leuwidamar, alhamdulilah menurut saya sangat baik sekali, cuma sangat di sayangkan untuk fasilitas umumnya, seperti ruangan Wc nya, masa Allah, sepertinya sudah lama tidak pernah di rawat,” keluh SW.

“Masa Puskesmas Leuwidamar yang segini gedenya, pas mau masuk ke Wc, keramik Wc nya pada pecah-pecah, pada hancur dan tajam, anehnya koq di biarkan begitu saja, sepertinya tidak pernah di perhatikan dan tidak di rawat, kan ada anggarannya,” ujar SW.

Selaku warga atau pasien Puskesmas Leuwidamar merasa tidak nyaman, dengan pasilitas umumnya, ruangan Wc seperti ini, tentu berbahaya bagi pasien.

“Saya juga bingung pak, tiap ruangan juga kipas anginnya pada rusak, Itu terjadi sudah lama sampai, sekarang tidak ada perubahannya,” pungkasnya.

Di tempat terpisah media Jestv langsung mengkonfirmasi Kumajaya, selaku Kepala Puskesmas Leuwidamar diruang kerjanya.

“Iya betul pak terkait masalah fasilitas umum ruang toilet, kami dari pihak Puskesmas Leuwidamar baru mau mengajukan,” ujarnya.

“Masalahnya saya juga baru satu tahun di puskesmas Leuwidamar ini, dan untuk perawatan fisik tiap tahunnya memang ada, kurang lebih Rp 20.000.000,- (Dua puluh juta rupiah),” tambahnya.

“Kebetulan tahun kemaren, digunakan bukan ke fisik, tapi ke yang lainnya, dan baru tahun ini ada perencanaan ke fisik lagi,” pungkasnya.

Namun demikian sayangnya Kumajaya tidak menjelaskan secara gamblang terkait anggaran yang di alokasikan ke fisik “lainnya”. (Aris RJ)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts

Sebagai Bentuk Sinergitas TNI POLRI, Polres Lebak Menyerahkan Kendaraan R3 Merk Viar kepada Kodim 0603 Lebak

admin

Polres Lebak Polda Banten Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Maung 2022

admin

Gubernur Arinal Djunaidi Terima Kunjungan Perwakilan Media Harian Kompas, Sampaikan Potensi Lampung Dari Komoditas Kopi Hingga Wisata

admin
Translate ยป