jestv.id
Daerah

Terkait Mafia Tanah di Lebak, Aktivis Banten akan Gelar Aksi Jilid II di Gedung Menkopolhukam

JESTV.ID, LEBAK – Ribuan Aktivis Banten serta warga Kabupaten Lebak kembali akan menggelar aksi unjuk rasa jilid II di depan Gedung Menkopolhukam pada 1 September 2023 mendatang.

Aksi yang diklaim akan lebih besar dari sebelumnya ini bertujuan melawan praktik-praktik mafia tanah yang semakin merajalela di Kabupaten Lebak.

Aksi ini dipicu oleh serangkaian dugaan kasus penyerobotan tanah milik warga Desa Jayasari, Kecamatan Cimarga dan tanah Negara yang berlokasi di Desa Cilograng, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak yang diduga dikuasai oleh Mantan Penguasa Lebak yang telah mencuat ke permukaan dalam beberapa bulan terakhir.

Dari informasi yang dihimpun, beberapa narasumber dari kelompok aktivis hak asasi manusia dan aktivis lingkungan Lebak akan turun ke jalan dan berorasi di mobil komando.

Mereka menyoroti permasalahan terkait dugaan perampasan tanah warga Desa Jayasari, Kacematan Cimarga dan Tanah Negara di Desa Cilograng, Kabupaten Lebak oleh salah seorang mantan Bupati Lebak.

Salah satu narasumber, Rizwan Comrade, seorang aktivis Lebak, mengatakan, Mafia tanah telah merampas hak-hak masyarakat dan keadilan warga Lebak.

“Kita harus berdiri bersama melawan ketidakadilan ini agar tanah warga Jayasari dan Desa Cilograng bisa kembali menjadi sumber kehidupan yang berkelanjutan,” ungkapnya, pada Sabtu (26/8/2023) lalu.

Rizwan menyampaikan, “Kita terus bersuara demi keadilan rakyat Jayasari Kecamatan Cimarga yang tanah miliknya dirampas oleh Mantan Penguasa Lebak. Dan demi Keadilan Rakyat di Desa Cilograng yang telah menyerobot tanah Negara garapan masyarakat (Eks HGU).” tegasnya.

Sementara itu, Kuasa Hukum dari warga Desa Jayasari H. Rudi dari Chakrabhinus menerangkan bahwa perkembangan pelaporan di kepolisian sudah tahapan Penyidikan.

“Saya sudah mendapatkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari Kepolisian Republik Indonesia Daerah Banten (Polda Bante). Doakan semuanya agar semua para mafia segera ditangkap” ujarnya, Minggu (27/08/2023).(Herman/OMO)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts

Warga Jaura Ona Rangkasbitung Keluhkan Kendaraan Berat Lintasi Jalan Siliwangi

admin

Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih Melayani : Diskominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Lebak Bangun Zona Integritas

admin

Dinas Kominfotik Provinsi Lampung Gelar Diskusi Tentang Pengembangan Wisata Hutan Bersama Penggiat Medsos

admin

Leave a Comment

Translate »