jestv.id
Daerah

Jika Benar Desa Cigo’ong Selatan Tidak Ada Program Ketapang Tahun 2022, Lantas Kemana Anggarannya

JESTV.ID, LEBAK – Tindak lanjut dari pemberitaan sebelumnya, Desa Cigoong Selatan Kecamatan, Cikulur Kabupaten Lebak- Banten, yang diduga tidak melaksanakan kegiatan pembangunan fisik dari anggaran Ketapang tahun 2022, Lantas di kemanakan anggarannya, Jum’at (29/09/2023).

Seperti yang di ketahui bersama, bahwa pada tahun 2022, seluruh Pemerintahan Desa, khususnya Kabupaten Lebak- Banten, dan Indonesia pada umumnya, mendapatkan kucuran Dana Desa (DD) dari Pemerintah,
yang bertujuan agar, anggaran pemerintah yang di salurkan ke desa-desa, dapat di manfaatkan sebaik mungkin, demi tercapainya kemajuan pembangunan desa, dan tentunya dapat di manfaatkan oleh masyarakat setempat, agar tercapai sebuah pedesaan yang maju, dengan Ketahanan Pangan, dan hal lainnya.

Namun yang terjadi di Desa Cigo’ong Selatan, Kecamatan, Cikulur, Kabupaten Lebak- Banten ini, sesuai data, pihak desa tersebut tidak menganggarkan fisik Program Ketahanan Pangan (KETAPANG) pada anggaran tahun 2022, sehingga hal ini patut di pertanyakan.

Karena petunjuk dan pelaksanaan tehnisnya (JUKNIS), tertuang dalam Peraturan menteri desa nomor 7 tahun 2021. Sebagaimana dimaksud, peruntukannya adalah untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) 40%, Covid 19 8% Ketahanan Pangan (Ketapang) 20%, dan sisanya 32% untuk kebutuhan lainnya, tentunya ini adalah amanat undang-undang pemerintah yang harus di taati.

Dari Anggaran Ketapang inilah, yang patut di pertanyakan, sehingga publik tahu terkait apa yang menjadi hak-haknya.

Berdasarkan data yang ada, Desa tersebut kosong molongpong, tidak ada kegiatan fisik apapun, namun demikian sayangnya, pihak desa yang ditemui awak media Jestv.id, di kantor desanya, (Aen) Kaur Keuangan dan ayahnya yang sekaligus Kepala Desa setempat, biasa di sapa (Abah), Keukeh mengaku melaksanakan kegiatan fisik Jalan Usaha Tani (JUT) anggaran Ketapang tahun 2022, berupa pemasangan paving block, namun sayangnya pihak desa tidak bisa menunjukkan photo fisik dan papan informasi anggarannya.

Penasaran mendapatkan jawaban tidak sesuai dengan data, sejumlah awak media, berupaya menemui Bidang Sarana dan prasarana, menuju terkait yaitu, DPMD Kabupaten Lebak- Banten,
guna mengkonfirmasi, terkait data yang di miliki awak media, untuk sinkronkan antara data media dan PMD, alhasil sama, bahwa pihak DPMD pun membenarkan bahwa, Desa Cigoong Selatan pada tahun 2022, tidak menganggarkan dana Ketapang, untuk pembangunan Fisik.

Sementara Kasi Ekbang Kecamatan Cikulur, Epul,
Ketika dihubungi melalui telpon WhatsApp, bahkan voice not, bermaksud mengkonfirmasi terkait pembangunan fisik di Desa Cigoong selatan, namun sangat di sayangkan, hingga berita ini di turunkan, belum ada jawaban kepada awak media. (Aris RJ)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts

Kapolres Lebak Pimpin Upacara Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-95

Tim Vaksinator Puskesmas Curugbitung gelar vaksinasi di SMP Negeri 1 Curugbitung dan di Yayasan Miftahudin

Ketua LSM PBR Nilai Panwaslu Lebak Tidak Tegas, Tebang Pilih Dalam Bertindak

Leave a Comment

Translate ยป